The Gembell's "Gemar Belajar"

The Gembell's adalah sebuah grup musik yang terbentuk pada bulan Oktober tahun 1969 di Surabaya. Nama Gembell's adalah singkatan dari "Gemar Belajar". Formasi awal The Gembell's adalah Victor Nasution (Leader, Organ, Rhythm, Timpani, Trumpet), Rudy Ananta (Lead Guitar, Saxophone), Abubakar (Bass), Minto Muslimin (Drum), Anan Zaman (Piano, Organ, Flute, Saxophone) dan Eddy Mathovani (Lead Vocal). Seiring dengan berjalannya waktu, The Gembell's mengalami beberapa pergantian personel hingga terbentuklah formasi yang berikutnya menjadi Victor Nasution (Leader, Organist, Vocal), Rudy Ananta (Lead Guitar, Clarinet), Abubakar (Bass, Flute), Djodjok Rahardjo (Piano, Violist) dan Minto (Drummer, Saxophone) sedangkan Anaz Zaman bertindak sebagai penata musik/lirik saja.

Tembang-tembang yang dibawakan oleh The Gembell's lebih banyak mengambil tema tentang sikap kepahlawanan dan protes sosial. Misalnya lagu berjudul yang berjudul "Pahlawan Yang Dilupakan" yang merupakan hits andalan pada album perdana mereka dan bahkan sempat populer pada awal tahun 70an. Karena hal itulah The Gembells lebih menyukai aliran dan warna musik mereka dengan sebutan Afro Asia Sound, yaitu perpaduan antara musik Afrika (lebih didominasi unsur tetabuhan/perkusi) dan musik Asia (berisikan penguatan pada lirik dan melodi yang sentimental).

Band: The Gembell's (Surabaya, Indonesia)

Genre(s): Afro Asia Sound, Pop, Latin Pop Rock, Pop Keroncong

Quality: mp3 / 64 Kbps / 44,1 KHz / Joint Stereo


Download lagu The Gembell's
Bunga lalang
Balada kalimas
Persembahanku
Singosari
Bagimu Ibunda
Deritaku
Suropati wiranegara
Pahlawan yang dilupakan
Deritaku
Gusti Ayu
Bila tiba saatnya
Bahtera cinta
Awal perpisahan
Alam semesta
Adik yang lucu
Hei pemuda

2 comments:

bima said...

senang sekali menemukan lagu-lagu dari grup band ini. Dah lama aku mencarinya..

Pentoeng said...

Vokalisnya sekarang menetap di Ungaran, Semarang.. Mahasiswa Perikanan Undip sangat akrab dengannya karena beliau memiliki kolam budidaya Ikan Koi terbesar di semarang..

Popular Posts